menjadi-cantik2ada satu joke favorite saya dari film murder of crowsnya Cuba Gooding, Jr :
Adam :Tuhan kenapa kau menciptakan eve (Hawa) begitu cantik dan begitu indah?
Tuhan : Ya supaya kamu bisa mencitainya, Adam
Adam : Tapi Tuhan, kenapa Kau menciptakan Eve (HAwa) begitu bodoh?
Tuhan : Ya supaya dia bisa mencitai kamu Adam.

Mungkin kita_sebagai perempuan akan berpikir
“kurang ajar, enak saja, kita dibilang bodoh. But look at the bright side, kita…., konon…., (dibuat) bodoh supaya bisa mencintai seorang “Adam”, kan?:
Teman saya, laki-laki, pernah mengatakan kalau menurutnya laki-laki adalah makhluk visual. Jadi kecantikan seorang perempuan itu adalah faktor penting untuk membuat mereka jatuh cinta. Walaupun pada akhirnya dia mengatakan kecantikan yang dimaksudkan di situ adalah (lagi-lagi) relatif menurut individu setiap laki-laki.

Tapi saya juga berpikir, apakah kecantikanlah yang membuat seorang perempuan dicintai pertama kali? yang artinya semakin cantik, dia akan semakin (mudah) untuk dicintai?

Lalu banyak cerita di sekitar tentang betapa kecantikan bisa membuat segala sesuatu menjadi mudah. Antrean panjang di ATM mendadak menjadi singkat lewat bantuan tidak terduga, sebuah kursi “sukarela” di sebuah bus yang penuh padat, pekerjaan dan posisi tertentu, posisi istimewa di lingkungan karena kecantikan membuat pemiliknya menjadi populer dan lain sebagainya.

Ada sebuah acara televisi dari luar, mirip Candid Camera (atau memang Candid Camera?…….lupa : ) yang pada sebuah episode memberi umpan seseorang perempuan cantik meminta pertolongan pada pejalan kaki tak dikenal-laki-laki tentunya. Sang umpan cantik ini berpura-pura barangnya terjatuh ke dalam gorong-gorong. Hasilnya sungguh mencengangkan! betapa kecantikan bisa membuat orang-orang menjadi begitu ringan tangan, very helpful and thoughtful, karena ketika si cantik itu diganti dengan perempuan ‘biasa’. pertolongan yang didapat sangat jauh berkurang daripada ketika si cantik yang menjadi korban.

Being beautiful is advantageous.
No doubt about it.

Question then :
is that why we are dying to look and to be considered beautiful?
To make some guys falll for us?
to get us the perfect job?
to make our life easier?
to take a lot of advantages?

What’s your excuse for becoming beautiful?