Saya bukan termasuk orang yang sering menangis.ama seperti kebanyakan orang, saya menganggap menangis itu adalah suatu tanda bahwa saya lemah. Sehingga acap kali sya berusaha menahan tangis walaupun dada terasa sesak. Namun, ada kalanya tangis itu tak lagi dapat ditahan, ketika hati benar-benar merasa remuk dan emosi begitu meluap. Rasa inilah yang sering saya rasakan dua bulan terakhir ini. Dua bulan terakhir ini pulalah yang menjadi bulan tersering saya menangis sejak terakhir terjadi 7 tahun yang lalu.
Acap kali setelah menangis saya merasa telah menjadi orang yang lemah. Walau memang tanpa bisa dipungkiri setelah menangis saya merasa sedikit lebih baik dari sebelumnya. Menangis ternyata membawa manfaat positif walau acap kali diartikan sebagian besar orang sebagai ciri-ciri orang yang lemah.
Sama seperti tertawa, menangis membawa pengaruh positif untuk tubuh. Menangis membuat orang menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan air mata yang keluar mengandung zat mengan dan hormone proktalin yang cenderung meningkat saat seseorang dilanda frustasi dan depresi. Sehingga dengan keluarnya kedua zat tersebut dari tubuh, maka secara otomatis menurunkan depresi yang tengah diderita.
Tapi jangan merasa senang dulu, ternyata banyak sedikitnya zat tersebut keluar dari mata tergantung dengan jenis tangisannya. Ada beberapa tingkatan tangisan yang biasa terjadi pada manusia. Pertama yaitu, air mata basal yang diproduksi untuk melubrikasikan mata secara terautur. Kedua adalah air mata yang keluar secara reflek karena dipicu oleh iritasi yang dapat terjadi oleh pengaruh bawang atau lainnya. Yang terakhir adalah air mata yang keluar karena pengaruh emosi. Jenis air mata inilah yang memiliki zat mangan dan hormone prolaktin tertinggi. Jadi ketika seseorang menangis karena emosi yang melanda dirinya, keluar airmata tersebut secara naluriah mengurangi depresi yang ada hingga tubuh mencapai kondisi stabil.
Jadi, untuk para perempuan yang divonis paling sering dan mudah menangis, kita tak harus malu dengan tangisan tersebut. Jika dilihat dari sisi lain, gampang menangis juga menjadi suatu kelebihan. Ini berarti kita memiliki kemudahan akses untuk mengurangi kadar depresi dan frustasi diri sendiri. Namun, penting untuk tetap melihat kondisi karena tidak semua orang dapat memahami mengapa menangis itu penting.